2013, Nokia mau bikin tablet?

tablet Nokia lumia

Ketika Nokia mulai terdesk di persaingan smartphone, dirumorkan bahwa raksasa elektronik asal benua Eropa ini akan turut ambil bagian di persaingan PC tablet, benarkah Nokia mau bikin tablet?

Nokia dikabarkan tengah menyiapkan perangkat tablet 10 inchi untuk bersaing melawan iPad, Nexus 10 dan pemain lain. Dikutip dari Merdeka.com, Nokia dikabarkan siap memamerkan tablet terbarunya pada event Mobile World Congress 2013 yang sedianya digelar di Barcelona pada pertengahan Februari 2013 mendatang. Tablet 10 inchi Nokia tersebut diperkirakan akan menggunakan Windows RT, sistem operasi yang sama dengan tablet Surface milik Microsoft.

Nokia dikabarkan serius terkait dengan peluncuran tablet tersebut. Mereka dikabarkan telah berbicara pada Microsoft, Qualcomm dan Compal Electronic untuk langkah awal. Ketiga perusahaan tersebut akan berperan penting dalam persiapan tablet baru Nokia.

Nokia berdiskusi dengan Microsoft untuk membicarakan tentang kemungkinan lisensi Windows RT bagi tablet-nya. Qualcomm nampaknya jadi pihak yang akan menjadi penyedia prosesor sedangkan Compal Electronic akan bertanggung jawab merakit tablet Nokia tersebut.

Dengan penggunaan Windows RT, Nokia memiliki dua tujuan. Pertama Nokia dikenal sangat dekat dengan Microsoft sehingga penggunaan Windows RT dibanding Android adalah langkah jelas. Kedua, pasar tablet saat ini dikuasai oleh iPad dan Android belum begitu mendominasi. Sehingga pemilihan Windows RT terhitung masih logis untuk memberikan pilihan baru bagi konsumen selain iPad dan bermacam tablet Android dari banyak pabrikan.

Apakah Anda tertarik dengan tablet buatan Nokia?

2013, Nokia mau bikin tablet? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bell Mattew