Tips Memilih Hard Disk Portable

Hard Disk Portable - Mungkin yang menjadi alasan banyak orang yang lebih memilih karena hard disk portable lebih praktis, ringan, ringkas dan mudah dibawa kemana-mana. dan apabila anda juga orang yang lebi suka memilih hard disk portable, maka sebaiknya anda perhatikan dulu beberapa hal berikut ini sebelum Membeli Hard Disk Portable.


1. kapasitas penyimpanan file

kapasitas penyimpanan pada hard disk portable biasanya akan bervariasi pada kapasitas 40 GB hingga 500 GB. akan tetapi, saat ini bemunculan hard disk yang memiliki kapasitas penyimpanan file hingga 1,5 TB. bila anda membutuhkan ruang penyimpanan untuk video dan grafik, maka sebeiknya anda memilih hard disk portable yang memiliki kapasitas simpan paling besar. akan tetapi bila anda ingin hard disk sebagai media backup yang ekonomis, maka anda harus membandingkan harga dengan kapasitas ari hard disk tersebut.

2. kecepatan driver

kecepatan putar drive hard disk akan mempengaruhi kecepatan laju data. bila daya putarnya semakin cepat, maka semakin cepat pula data akan terbaca oleh hard disk. hard disk portable standartnya biasanya berputar 5400 Rpm. jika anda mendapatkan harddisk dengan kecepatan driver lebih dari itu, maka akan semakin baik.

3. Besar buffer atau cache

besar buffer akan mewakili jumlah dari memori yang ada di cache. biasanya, besa buffer hard disk portable ada di kisaran 2 MB hingga 16 MB. dengan semakin bearnya cache, maka semakin bear pla ruang antrian pembacaaan dan penulisan pada sistem hard disk. namun tentu besarnya bufferpada hard disk akan berbanding dengan harga yang ditawarkan.

4. Fitur Recovery

usahakanlah untuk memilih hard disk portable yang memiliki fitur backup dan recovery, sehingga akan memudahkan anda saat file yang anda simpan mengalami kerusakan atau corrupt. dengan adanya fitur recovery, anda akan dapat mengembalikan file anda dengan mudah.

5. Kemampuan PnP (plug and play)

plug and play sesuai namanya, berarti tinggal tancap dan angsung dipakai. hanya dengan menancapkan kabel USB, anda sudah dapat menggunakan hard disk portable tersebut tanpa harus instal driver atau software sebelumnya.

6. Garansi

menurut beberapa kalangan, garansi akan mencerninkan kualitas dari produk yang anda beli, biasanya semakin bagus kualitas sebuah barang, maka akn semakin berani dalam memberikan garansi. selain itu, anda tidak akn was-was jika hard disk anda mengalami kerusakan saat masa garansi.

7. Dustproof, Waterproof & Shockproof


hard disk akan didesain untuk dapat menerima getaran sampai sekitar 3 kali kecepatan gravitasi dalam keadaan diam. akan tetapi, sejumlah produsen menjamin hard disk besutannya mampu bertahan hinga 5G. maka anda dapat mempertimbangkan untuk memilih hard dusk ini terutama bila hard disk anda memiliki resiko untuk jatuh dan terbentur yang cukup tinggi

Tips Memilih Hard Disk Portable Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bell Mattew