Lenovo siap Akuisisi RIM?

kabar lenovo akuisisi RIM
Lenovo siap Akuisisi RIM?

Research in Motion (RIM), sang pembuat BlackBerry belakangan ini seringkali diterjang isu tidak sedap mulai dari kebangkrutan, dan baru-baru ini muncul kabar jika perusahaan tersebut akan diakuisisi oleh salah satu rivalnya di ranah smartphone, Lenovo.

Baru-baru ini ada rumor beredar terkait RIM, dimana pabrikan BlackBerry ini sedang memikirkan beberapa opsi terbaik untuk perkembangan bisnisnya. Kabarnya, ada niatan dari vendor asal Kanada tersebut untuk menjual bisnis perangkat keras sebagai produsen ponsel Blackberry, beralih hanya menjadi vendor pemegang paten platform BlackBerry saja. Pilihan paling sulit RIM berikutnya yakni menjual keseluruhan dari bisnis intinya.

Seperti diungkap oleh Wong Wai Ming, Kepala keuangan Lenovo Group Ltd. melalui Blomberg (24/01),"Kami melihat potensi besar mengembangkan bisnis lewat RIM atau lainnya. Kami tak akan ragu-ragu jika kelak datang kesempatan itu, maka akan sangat menguntungkan kami serta para pemegang saham Lenovo", tukasnya dalam sebuah wawancara di acara World Economic Forum yang berlangsung di Davos, Swiss.

Lenovo memang dikenal sebagai pemain kuat dari Cina di segmen pasar industri Personal Computer (PC). Lini bisnis Lenovo sebagai produsen smartphone memang masih kalah jauh dari vendor merek lain semisal Samsung, Apple, BlackBerry, Nokia dll. Tetapi melalui pernyataan salah satu eksekutif Lenovo itu menyiratkan bahwa mereka mulai unjuk keseriusan dalam mengembangkan divisi produksi smartphonenya.

Mungkin saja rencana besar dari Lenovo Group Ltd. terkait keinginan mengakuisisi RIM merupakan langkah strategis mereka agar cepat melompat jauh dalam pengembangan bisnis ponsel mereka lewat platform Blackberry, dimana itu akan membedakan produknya dari para pesaingnya. Hal ini mengingat, sebagian besar pangsa pasar ponsel dunia dipimpin oleh platform Android dan iOS.

Lenovo siap Akuisisi RIM? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Bell Mattew